Selasa, 13 September 2011

Tips trik mengamankan data penting di internet


Membackup data di internet merupakan cara mengamankan data-data Anda dan sebagai antisipasi jika komputer atau flashdisk di rumah rusak sehingga data Anda hilang atau terjadinya kecelakaan yang tidak diharapkan seperti rumah terbakar, gempa dan sebagainya. Membackup data di internet adalah menyalin data di komputer dan disimpan pada suatu server di internet dengan maksud membuat cadangan data. Data-data penting yang bisa di backup adalah semua data yang Anda anggap penting misal data skripsi, data perusahaan, catatan pribadi, artikel-artikel penting, soft copy ijasah, daftar nilai, dan sebagainya.
Ada banyak cara membackup data di internet, antara lain yaitu:
A. Membackup data di draft pada e-mail
Membackup data di draft pada e-mail adalah cara yang paling mudah dilakukan. Anda hanya tinggal menyiapkan data-data Anda, jika file-filenya banyak maka lebih baik dikompres ke format RAR atau ZIP (menggunakan program WinRAR atau WinZIP). Selanjutnya buka e-mail dan masukan pada lampiran e-mail (attachment), lalu simpan di draft.
B. Membackup data di situs file sharing
Situs file sharing adalah situs yang menyediakan layanan tempat atau memori untuk menyimpan data-data seperti file dokumen, musik, video, gambar, program aplikasi, utility, dsb dan selanjutnya untuk dibagikan kepada orang lain dengan cara diberikan link untuk mendownload. Contoh situs file sharing yang populer adalah Ziddu, Rapidshare, dan Mediafire. Sebenarnya situs file sharing adalah layanan bukan untuk backup data tetapi data disimpan untuk dibagikan kembali kepada orang-orang yang diberikan link untuk mendownloadnya. Hanya saja di sini dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan data-data Anda dan jika suatu saat membutuhkan dapat Anda download.
C. Membackup data di situs backup online
Situs backup online adalah situs yang memang dikhususkan untuk menyimpan cadangan data-data saja tanpa dibagikan kembali kepada orang lain. Contoh situs backup online adalah IDrive, ADrive, iBackup, dan Xdrive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tidak online 24 Jam dan hanya sendiri mengurus blog ini, mohon maaf bila komentar anda tidak di balas.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.