Minggu, 11 September 2011

MENGENAL KOMPUTER


Kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare, yang artinya menghitung. Komputer adalah rangkaian elektronik yang berfungsi menerima input, memproses input, menyimpan hasil pemrosesan, dan menghasilkan output atau informasi. Input berupa data atau instruksi digital, pemrosesan data dalam komputer dilakukan secara elektronik atau dikenal dengan nama electronic data processing (EDP), penyimpanan hasil pemrosesan pada memori, sedangkan hasil output dapat dilihat pada alat output seperti monitor.

Komponen-komponen komputer
Komputer terdiri dari komponen-komponen yang saling bekerja sama antara satu dengan lainnya. Komponen-komponen tersebut dapat dikategorikan sebagai berikut :
1. Hardware (perangkat keras)
Hardware adalah komponen atau peralatan pada komputer yang berwujud fisik, misalnya keyboard, mouse, monitor, mainboard, CPU, harddisk dll.
2. Software (perangkat lunak)
Software adalah program yang berisi instruksi atau perintah-perintah yang dimengerti oleh hardware komputer, misalnya software sistem operasi Windows atau Linux, software perkantoran Ms Office atau Open Office dll.
3. Brainware (user/pemakai)
Brainware adalah orang yang mengoperasikan komputer.

Dalam menjalankan fungsinya ketiga komponen ini (hardware, software, dan brainware) saling bekerja sama dan merupakan satu sistem yang tidak dapat dipisahkan. Komponen-komponen ini akan bekerja sama untuk melakukan input data, pemrosesan, dan output (informasi). Manusia sebagai brainware akan bekerja melakukan input data atau memberi instruksi dengan bahasa manusia, alat yang digunakan untuk input ini berupa keyboard, mouse, touch pad dll. CPU akan melakukan proses atau pengolahan data dan kemudian akan menghasilkan informasi yang ditampilkan pada layar monitor.

Peralatan input terdiri dari keyboard, mouse, touch screen, touch pad, gamepad, scanner, dll.
Peralatan proses terdiri dari CPU (prosessor) dan memori.
Peralatan output terdiri dari monitor, printer, speaker dll.

Jenis-jenis komputer berdasarkan kegunaannya antara lain adalah: komputer pribadi (personal computer), komputer server, workstation, dan mainframe.
1. Komputer pribadi (personal computer/PC), adalah jenis komputer yang umumnya digunakan untuk satu pemakai pada saat yang sama. Komputer jenis ini antara lain adalah komputer desktop, laptop (notebook) dan komputer handheld.
Komputer desktop adalah komputer yang paling banyak ditemui. Komputer ini umumnya mempunyai peralatan-peralatan yang letaknya terpisah seperti monitor, keyboard, perangkat CPU dll. Komputer desktop banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengetik, membuat laporan, mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan kantor, mendengarkan musik, menonton film, koneksi internet dll.
Laptop (notebook) adalah komputer yang dirancang untuk dapat di bawa dan digunakan dimana saja (mobile computer). Komputer ini menyatukan peralatan-peralatan seperti monitor, keyboard, perangkat CPU dll. Kegunaan komputer ini kebanyakan sama dengan komputer desktop hanya saja komputer ini lebih ringkas dan ditujukan untuk dapat di bawa kemana-mana dengan mudah.

- Komputer Handheld, atau komputer genggam adalah komputer yang bentuknya kecil atau seukuran pegangan tangan. Komputer jenis ini mengunakan layar sentuh dan stylus pen dalam menginput data.

2. Komputer server, adalah jenis komputer multi user, komputer ini mempunyai beberapa terminal untuk dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai. Komputer jenis ini memiliki bentuk yang umumnya lebih besar dari komputer desktop. Komputer server digunakan pada jaringan atau internet.

3. Workstation, adalah komputer desktop yang digunakan untuk keperluan komputasi tingkat tinggi. Workstation merupakan jenis komputer single user atau digunakan oleh satu pemakai pada saat yang sama. Komputer jenis ini mempunyai kemampuan yang lebih dari pada PC biasa. Komputer ini biasanya digunakan untuk olah grafis tingkat tinggi seperti pembuatan animasi film atau permainan game high-end.

4. Mainframe, adalah jenis komputer multi user. Komputer ini untuk melayani banyak pengguna dalam pemakaian data atau program secara bersama-sama. Komputer jenis ini mempunyai ukuran yang besar dan jauh lebih besar dari komputer desktop. Komputer ini biasanya digunakan pada perusahaan-perusahaan besar yang memiliki banyak kantor cabang.
Hardware
Hardware adalah peralatan atau komponen pada komputer yang berwujud fisik.
1. Alat Input (Input device)
Alat input adalah alat atau perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi yang selanjutnya akan diproses ke dalam komputer. Macam-macam alat input adalah Keyboard (papan ketik), mouse, touch screen, touch pad, pena elektronik, game pad, mikrofon, scanner, dsb.
2. CPU (Central Processing Unit), Memori, dan Komponen Lainnya
a) CPU (Processor)
CPU atau processor adalah komponen yang berfungsi untuk mengolah data menjadi informasi dan pusat pengendali atau pengatur komponen-komponen komputer agar dapat bekerja sama antara satu dengan lainnya. Prosessor adalah chip yang terdiri dari ribuan atau jutaan transistor-transistor yang akan melakukan pemrosesan data. Pada CPU dikenal dengan istilah clock speed yaitu kecepatan waktu atau frekuensi kerja dari CPU yang diukur dalam Mega Hertz (MHz) atau Giga Hertz (GHz). Satu hertz sama dengan satu siklus per detik, jika komputer memiliki kecepatan atau clock speed 3 GHz artinya CPU dapat menyelesaikan 3 milyar siklus dalam tiap detik.
Macam-macam prosesor Intel
Intel 8088, Intel 80826, Intel 386, Intel 486,
Intel Pentium, Intel Pentium MMX, Intel Pentium II, Intel Pentium III, Intel Pentium 4, Intel Pentium D, Intel Pentium Dual Core, Intel Core 2 Duo, Intel Core 2 Quad, Intel Core 2 Extreem, Intel I7.
Intel Celeron, Intel Celeron PII, Intel Celeron PIII, Intel Celeron P4, Intel Celeron D, Intel Celeron Dual Core.
Macam-macam prosesor AMD
AMD K5, AMD K6, AMD K6-2, AMD K-6III, AMD Athlon K7, AMD Athlon Thunderbird, AMD Duron, AMD Athlon XP, AMD Sempron, AMD Athlon 64, AMD Athlon 64X2, AMD Athlon X2 BE, AMD Athlon 64 FX, AMD Phenom, AMD Phenom II.
3. Alat output (output device)
Alat output adalah alat yang digunakan untuk menampilkan informasi atau data yang telah diproses. Macam-macam alat output adalah Monitor, proyektor, printer, speaker dll.

Software
Software adalah program yang berisi instruksi atau perintah-perintah yang dimengerti oleh hardware komputer. Program ini berfungsi untuk menyuruh atau memerintahkan komputer untuk mengerjakan suatu tugas. Contoh software adalah: software pengolah kata Microsoft Word, software pengolah foto Adobe Photoshope, software sistem operasi Microsoft Windows Vista dll.
Software dapat dibagi menjadi software sistem operasi, software aplikasi, software utility, dan software antivirus.
1. Software Sistem Operasi
Software sistem operasi adalah software yang digunakan untuk mengatur dan mengonfigurasi perangkat keras (hardware) sehingga komputer dapat melakukan tugas-tugas dan fungsinya.
Contoh-contoh software sistem operasi adalah Microsoft Windows, Linux, OS/2, UNIX dsb. Software sistem operasi yang banyak digunakan saat ini adalah Microsoft Windows
2. Software Aplikasi
Software aplikasi adalah software yang digunakan untuk mengerjakan tugas pada bidang tertentu. Contoh-contoh MS Office, SPSS, Myob Accounting, Photoshop, Corel Draw dll.
3. Software Utility
Software utility merupakan program bantu untuk melengkapi sistem operasi, seperti program bantu untuk repair file system (System Mekanic, Norton Utility), program untuk mengkompresi file (Win ZIP, Win RAR), program bantu untuk mempartisi atau memformat hardisk (Partition Magic, PC Tools), dan masih banyak program bantu lainnya.
4. Software Anti Virus
Software anti virus digunakan untuk memproteksi atau membasmi virus pada komputer. Contoh program anti virus adalah Kaspersky Anti Virus, AVG Anti Virus, Mc Affee Virus Scan, Norton Anti Virus, Antivir, Panda, PC Media Antivirus, ANSAV dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya tidak online 24 Jam dan hanya sendiri mengurus blog ini, mohon maaf bila komentar anda tidak di balas.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.